Thursday, April 18, 2013

apa itu pubertas ?


Waktu untuk Perubahan


OK, jadi kata yang lucu - tapi apa pubertas, sih?

Pubertas (katakanlah: pyoo-ber-tee) adalah nama untuk waktu ketika tubuh Anda mulai berkembang dan berubah ketika Anda berpindah dari anak ke dewasa. Kita bicara tentang hal-hal seperti anak perempuan dan laki-laki mengembangkan payudara mulai terlihat lebih seperti laki-laki. Selama pubertas, tubuh Anda akan tumbuh lebih cepat dari pada waktu lain dalam hidup Anda, kecuali ketika Anda masih bayi.

Ini membantu untuk mengetahui tentang perubahan yang menyebabkan pubertas sebelum terjadi. Dengan begitu, Anda tahu apa yang diharapkan. Ini juga penting untuk diingat bahwa setiap orang melewati perubahan ini. Tidak peduli di mana Anda tinggal, apakah Anda seorang laki-laki atau perempuan, apakah Anda suka vanili atau double-fudge-bongkahan es krim, Anda akan mengalaminya. Tidak ada dua orang yang persis sama, tapi satu hal yang setiap orang memiliki kesamaan adalah bahwa kita semua pergi melalui pubertas.

Biasanya, pubertas dimulai antara usia 8 dan 13 pada anak perempuan dan usia 9 dan 15 anak laki-laki. Ini berbagai di usia dapat membantu menjelaskan mengapa beberapa teman Anda masih terlihat seperti anak-anak muda sedangkan yang lain terlihat lebih seperti orang dewasa.

Ketika tubuh Anda sudah siap untuk mulai pubertas, hipofisis Anda (misalnya: PIH-terlalu-uh-ter-ee) kelenjar (kelenjar kacang berbentuk terletak di bagian bawah otak Anda) melepaskan hormon khusus. Tergantung pada apakah Anda seorang laki-laki atau perempuan, hormon ini pergi bekerja pada bagian-bagian tubuh yang berbeda.

Perubahan untuk Boys and Girls
Untuk anak laki-laki, hormon perjalanan melalui darah dan memberitahu testis (katakanlah: tes-teez), kelenjar berbentuk telur dua dalam skrotum (kantung yang menggantung di bawah penis), untuk mulai membuat testosteron (katakanlah: tess-Tahs -tuh-rone) dan sperma. Testosteron adalah hormon yang menyebabkan sebagian besar perubahan dalam tubuh anak laki-laki selama masa pubertas, dan pria membutuhkan sperma untuk dapat mereproduksi (menjadi ayah dari bayi).

Pada anak perempuan, hormon ini menargetkan dua ovarium (katakanlah: o-Vuh-Reez), yang mengandung telur yang telah di tubuh gadis itu sejak ia lahir. Hormon menyebabkan ovarium untuk mulai membuat hormon lain, yang disebut estrogen. Bersama-sama, hormon ini mempersiapkan tubuh seorang gadis untuk memulai periode dan mampu menjadi hamil suatu hari nanti.

Anak laki-laki dan perempuan keduanya mulai tumbuh rambut di bawah lengan dan daerah kemaluan mereka (dan sekitar alat kelamin). Dimulai keluar mencari ringan dan tipis. Kemudian, sebagai anak-anak pergi melalui pubertas, menjadi lebih panjang, lebih tebal, berat, keriting, dan lebih gelap. Akhirnya, anak-anak juga mulai tumbuh rambut di wajah mereka.

Ini Hanya Spurt Pertumbuhan
Lonjakan adalah ledakan singkat kegiatan atau sesuatu yang terjadi dalam terburu-buru. Dan lonjakan pertumbuhan hanya itu: Tubuh Anda berkembang dan itu terjadi sangat cepat!

Ketika Anda pergi melalui pubertas, mungkin tampak seperti lengan Anda selalu semakin pendek dan celana Anda merangkak naik kaki Anda. Itu karena Anda mengalami lonjakan pertumbuhan yang berlangsung selama sekitar 2 sampai 3 tahun. Ketika itu percepatan pertumbuhan pada puncaknya, beberapa anak-anak tumbuh 4 atau lebih inci (10 cm atau lebih) dalam setahun! Pada akhir percepatan pertumbuhan Anda, Anda akan mencapai tinggi dewasa Anda - atau hanya sekitar.

Tapi tinggi badan Anda bukanlah satu-satunya hal yang berubah selama masa pubertas.

Dengan semua ini pertumbuhan cepat, dapat tampak seperti salah satu bagian dari tubuh Anda - kaki Anda, misalnya - yang tumbuh lebih cepat dari segala sesuatu yang lain. Hal ini dapat membuat Anda merasa kikuk atau canggung. Ini adalah normal, juga! Sisa tubuh Anda akhirnya akan mengisi dan membentuk, dan Anda akan merasa kurang klutzy.

Mengambil Bentuk
Tubuh Anda juga mengisi dan berubah bentuk selama masa pubertas. Bahu Seorang anak akan tumbuh lebih lebar dan tubuhnya akan menjadi lebih berotot. Dia mungkin melihat sedikit pertumbuhan payudara di dadanya. Jangan khawatir, ini adalah normal - dan biasanya akan hilang untuk sebagian besar anak laki-laki pada akhir pubertas.

Selain itu, anak laki-laki 'suara retak dan akhirnya menjadi lebih dalam, penis mereka tumbuh lebih panjang dan lebih lebar, dan testis mereka mendapatkan lebih besar. Semua perubahan ini berarti bahwa tubuh mereka berkembang sebagaimana mestinya selama masa pubertas.

Tubuh Girls 'biasanya menjadi curvier. Pinggul mereka semakin luas dan berkembang payudara mereka, dimulai dengan hanya pembengkakan kecil di bawah puting. Kadang-kadang satu payudara tumbuh lebih cepat dari yang lain, tetapi sebagian besar waktu mereka bahkan keluar. Gadis mulai memakai bra sekitar waktu ini, terutama jika mereka terlibat dalam olahraga atau kelas olahraga.

Dengan semua ini tumbuh dan berkembang terjadi, beberapa gadis mungkin tidak nyaman dengan bagaimana tubuh mereka berubah, tapi itu tidak sehat bagi perempuan untuk diet untuk mencoba untuk menghentikan kenaikan berat badan normal. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pubertas atau khawatir tentang berat badan Anda, berbicara dengan orang tua atau dokter.

Satu pertanyaan seorang gadis akan memiliki adalah: Kapan saya akan mendapatkan menstruasi pertama saya? Hal ini biasanya terjadi sekitar 2 tahun setelah payudaranya mulai berkembang. The menstruasi (katakanlah: laki-strul) periode, atau siklus bulanan, adalah ketika darah dilepaskan melalui vagina. Itu mungkin terdengar mengkhawatirkan, tapi itu normal dan menandakan bahwa seorang gadis tumbuh dewasa dan tubuhnya sedang mempersiapkan sehingga dia bisa memiliki bayi suatu hari nanti.

Berikut adalah apa yang terjadi: Setiap dua ovarium seorang gadis memegang ribuan telur. Selama siklus menstruasi, telur dilepaskan dari salah satu indung telur dan mulai perjalanan menyusuri tuba (katakanlah: fuh-lo-kencing-un) tabung ke rahim, juga disebut rahim. Seorang gadis memiliki dua saluran tuba, satu menghubungkan setiap ovarium ke rahim.

Sebelum telur bahkan meninggalkan ovarium, meskipun, hormon merangsang rahim untuk membangun lapisan dalam dengan darah ekstra dan jaringan. Jika telur sampai ke rahim dan dibuahi oleh sel sperma, mungkin menanam dirinya dalam lapisan itu dan tumbuh menjadi bayi. Ekstra darah dan memelihara jaringan dan melindungi bayi seperti yang berkembang.

Tetapi sebagian besar waktu telur hanya melewati. Ketika telur tidak dibuahi bisa, atau jika sel telur dibuahi tidak menjadi ditanam di lapisan, rahim tidak lagi membutuhkan darah ekstra dan jaringan, sehingga darah meninggalkan tubuh melalui vagina. Darah ini dikenal sebagai periode gadis. Sebuah periode biasanya berlangsung dari 2 sampai 7 hari. Sekitar 2 minggu setelah periode terakhir, telur baru dilepaskan sebagai siklus berulang.

Wajah Sampai Perubahan
Hal lain yang mungkin datang dengan pubertas adalah jerawat (katakanlah: ak-nee) - atau jerawat - disebabkan oleh hormon-hormon yang bekerja dalam tubuh.

Kulit berminyak dan jerawat mendapat terkadang mulai muncul saat pubertas dimulai, dan Anda mungkin mendapatkan mereka sepanjang tahun remaja. Anda mungkin melihat jerawat di wajah Anda, punggung bagian atas, atau dada bagian atas Anda.

Untuk membantu jerawat kontrol, mencuci muka dua kali sehari dengan air hangat dan sabun ringan atau pembersih. Jangan memeras, memilih, atau pop jerawat Anda. Dokter Anda juga dapat menawarkan saran untuk membersihkan jerawat. Kabar baiknya adalah jerawat yang biasanya mendapat jauh lebih baik seiring bertambahnya usia.

Menempatkan P.U. di Pubertas
P.U.! Banyak anak-anak melihat bahwa mereka memiliki bau baru di bawah lengan dan di tempat lain ketika mereka mencapai pubertas - dan itu bukan satu cukup. Bau itu adalah bau badan (Anda mungkin pernah mendengar orang menyebutnya BO) dan semua orang mendapatkannya.

Saat Anda memasuki pubertas, hormon pubertas merangsang kelenjar di kulit Anda, termasuk kelenjar keringat di bawah lengan Anda. Ketika keringat dan bakteri pada kulit Anda bersama-sama, dapat mencium bau sangat buruk.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk merasa kurang bau? Nah, menjaga kebersihan dapat menghentikan Anda dari berbau. Anda mungkin ingin untuk mandi setiap hari, baik di pagi hari sebelum sekolah atau di malam hari sebelum tidur. Memakai pakaian bersih dan mandi setelah Anda telah bermain olahraga atau berolahraga juga merupakan ide yang baik.

Cara lain untuk mengurangi bau badan adalah dengan menggunakan deodoran. Jika Anda menggunakan deodoran dengan antiperspirant, itu akan mengurangi keringat juga.

Ada Lagi?
Anak laki-laki dan perempuan juga akan melihat perubahan tubuh lainnya saat mereka memasuki pubertas. Perempuan kadang-kadang mungkin melihat dan merasakan benda putih atau bening yang berasal dari vagina. Ini tidak berarti apa-apa yang salah - itu disebut keputihan dan hanyalah hormon tanda mengubah tubuh Anda.

Anak laki-laki akan mulai mendapatkan ereksi (ini adalah ketika penis terisi dengan darah dan menjadi keras). Kadang-kadang ereksi terjadi ketika anak laki-laki berpikir tentang hal-hal seksual atau mereka dapat terjadi tanpa alasan sama sekali. Anak-anak juga mungkin mengalami sesuatu yang disebut emisi nokturnal (atau mimpi basah). Ini adalah ketika penis menjadi ereksi ketika anak sedang tidur dan dia berejakulasi. Ketika anak laki-laki mengalami ejakulasi, air mani - cairan yang mengandung sperma - keluar dari penis. Itulah sebabnya mereka disebut mimpi basah - mereka terjadi ketika Anda sedang tidur dan pakaian atau tempat tidur mungkin sedikit basah ketika Anda bangun. Mimpi basah terjadi lebih sering sebagai anak laki-laki bergerak melalui pubertas dan mereka akhirnya berhenti.
Perubahan Bisa Rasakan Jenis Aneh
Sama seperti orang-hormon mengubah cara tubuh Anda terlihat di luar, mereka juga menciptakan perubahan di dalam. Selama pubertas, Anda mungkin merasa bingung atau memiliki emosi yang kuat yang belum pernah Anda miliki sebelumnya. Anda mungkin merasa terlalu sensitif atau menjadi marah dengan mudah.

Beberapa anak-anak kehilangan emosi mereka lebih sering dan marah dengan teman-teman mereka atau keluarga. Anda juga mungkin merasa cemas tentang bagaimana tubuh Anda berubah terlihat.

Kadang-kadang bisa sulit untuk menangani semua emosi baru. Sangat penting untuk mengetahui bahwa sementara tubuh Anda menyesuaikan diri dengan hormon baru, begitu juga pikiran Anda. Cobalah untuk mengingat bahwa orang biasanya tidak mencoba untuk menyakiti perasaan Anda atau marah pada tujuan Anda. Ini mungkin tidak keluarga atau teman - mungkin baru "otak pubertas" Anda mencoba untuk menyesuaikan diri.

Anda juga mungkin memiliki perasaan seksual yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Dan Anda mungkin akan memiliki banyak pertanyaan tentang ini baru, perasaan membingungkan tentang seks.

Sangat mudah untuk merasa malu atau gugup ketika berbicara tentang seks. Sangat penting untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda, tetapi Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki semua informasi yang tepat. Beberapa anak-anak dapat berbicara dengan orang tua mereka tentang seks dan mendapatkan semua pertanyaan mereka dijawab.

Tetapi jika Anda merasa lucu bicara dengan orangtua Anda tentang seks, ada banyak orang lain yang dapat Anda ajak bicara, seperti dokter, perawat sekolah, guru, konselor sekolah, atau beberapa orang dewasa lain yang Anda merasa nyaman berbicara dengan.

Mengembangkan Berbeda
Orang-orang semua sedikit berbeda dari satu sama lain, sehingga masuk akal bahwa mereka tidak semua berkembang dengan cara yang sama. Selama pubertas, semua orang berubah dengan kecepatan sendiri. Mungkin beberapa teman-teman Anda mendapatkan periode mereka, dan Anda belum mengembangkan payudara belum. Mungkin suara teman terbaik Anda telah berubah, dan Anda berpikir Anda masih terdengar seperti anak kecil. Atau mungkin Anda bosan menjadi gadis tertinggi di kelas atau satu-satunya anak laki-laki yang harus bercukur.

Dalam beberapa kasus, anak-anak yang berkembang sangat awal atau yang sangat terlambat dalam memulai memiliki masalah yang mungkin perlu diperiksa atau diobati. Jika Anda khawatir tentang kemungkinan itu, berbicara dengan orang tua Anda dan jadwal kunjungan dengan dokter Anda. Dokter Anda tahu semua tentang pubertas dan dapat membantu menentukan apakah Anda berkembang secara normal.

Tapi hampir semua orang menangkap akhirnya, dan sebagian besar perbedaan antara Anda dan teman-teman Anda, bahkan akan keluar. Sampai saat itu, bertahan di sana. Pubertas dapat cukup liar naik!

No comments:

Post a Comment