Thursday, April 18, 2013

tentang pertumbuhan badan dan apakah anda normal?


Sejak ulang tahun terakhir, banyak hal telah berubah. Untuk satu, Anda jauh lebih cerdas daripada Anda tahun lalu. Itu jelas.

Tapi mungkin ada beberapa perubahan lain - orang yang Anda tidak siap. Mungkin Anda telah tumbuh beberapa inci di atas orang lain di kelas. Atau mungkin mereka semua melakukan tumbuh dan Anda merasa terlalu pendek.

Mungkin Anda belum mendapatkan pon dan Anda merasa seperti bulu pada jungkat-jungkit, atau mungkin Anda tidak bisa masuk ke pasangan favorit Anda jeans. Dan sekarang Anda sedang mencari di cermin, hanya memikirkan satu hal: Apakah saya normal?

Semua orang yang berbeda-beda
Pertama-tama, apa yang normal? Tidak ada satu jenis normal. Jika tidak, dunia akan penuh banyak orang normal! Lain kali Anda pergi ke mal, melihat-lihat. Anda akan melihat orang-orang tinggi, orang pendek, dan orang-orang dengan bahu lebar, kaki kecil, perut besar, panjang jari, kaki pendek, dan lengan kurus ... Anda mendapatkan ide.

Anda dapat mengubah gaya rambut Anda atau memakai topi baru, tetapi cara Anda melihat tidak sepenuhnya di bawah kendali Anda. Penampilan Anda sebagian besar ditentukan oleh orang tua Anda. Ketika orang tua Anda menciptakan kamu, mereka melewati gen-gen mereka - semacam kode khusus - dan gen-gen membantu untuk menentukan ukuran dan bentuk, warna mata Anda dan tekstur rambut, bahkan apakah Anda memiliki bintik-bintik.

Kecil atau Jangkung
Tinggi adalah salah satu dari ribuan fitur gen Anda memutuskan. Bahkan, karena Anda memiliki dua orang tua, gen Anda bertindak seperti wasit, memberikan Anda ketinggian yang biasanya tanah di suatu tempat antara tinggi setiap orangtua. Jika kedua orang tua Anda tinggi, maka kemungkinan besar Anda akan tinggi, juga, tetapi jika Anda memiliki pertanyaan tentang seberapa tinggi Anda akan berada, tanyakan kepada dokter Anda jika ia dapat membantu Anda mengetahuinya.

Tapi gen tidak memutuskan segalanya. Misalnya, makan diet yang tidak sehat dapat membuat Anda tumbuh untuk potensi penuh Anda. Mendapatkan banyak tidur, olahraga cukup, dan nutrisi akan membantu Anda tumbuh seperti Anda seharusnya.

Tidak diragukan lagi Anda bertanya-tanya seberapa cepat Anda harus tumbuh. Itu tergantung. Tidak ada jumlah yang sempurna atau kanan. Rata-rata, anak-anak tumbuh sekitar 2 inci (6 cm) per tahun antara usia 3 dan ketika mereka mulai pubertas (ketika tubuh Anda mulai berubah dan menjadi lebih dewasa).

Dokter Anda akan tahu bagaimana pertumbuhan Anda telah berlangsung selama bertahun-tahun. Dua sentimeter di sini dan 2 inci tidak ada sepenting ketinggian Anda berada di saat ini, bagaimana Anda telah berkembang hingga saat ini, dan apa yang lainnya perubahan tubuh Anda mungkin akan melalui.

Pertumbuhan spurts
Jangan takut jika Anda tampaknya telah berkembang banyak dalam waktu yang sangat singkat. Setiap orang memiliki lonjakan pertumbuhan selama masa pubertas. Usia rata-rata untuk memulai pubertas adalah sekitar 10 untuk anak perempuan dan sekitar 11 anak laki-laki. Tapi bisa lebih awal atau lambat - antara 7 dan 13 untuk anak perempuan dan 9 dan 15 untuk laki-laki.

Biasanya Anda akan mulai melihat bahwa Anda tumbuh lebih cepat sekitar satu tahun atau lebih setelah tubuh Anda mulai menunjukkan perubahan pertama pubertas - gadis akan mengembangkan payudara dan penis anak laki-laki dan testikel akan semakin besar.

Beratnya Dalam
Berat dapat bervariasi banyak, juga, dari anak ke anak. Sangat menggoda untuk membandingkan diri dengan teman-teman Anda. Tapi anak-anak sering berat lebih atau kurang dari teman-teman mereka dan masih dianggap normal. TV dan majalah mungkin membuat kita berpikir tubuh kita harus menimbang dan melihat cara tertentu, tetapi dalam kehidupan nyata, ada banyak perbedaan.

Beberapa anak-anak terlalu khawatir tentang berat badan mereka bahwa mereka mencoba hal-hal yang tidak sehat dan berbahaya untuk mengubahnya. Cara terbaik untuk memiliki berat badan yang sehat adalah untuk makan dengan benar dan mendapatkan banyak waktu bermain (latihan).

Apa yang harus dilakukan jika Anda Khawatir
Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan Anda - atau bagaimana tubuh Anda berubah - membicarakannya dengan orang tua atau dokter Anda. Dokter dapat memberitahu Anda jika ada sesuatu yang salah.

Tapi kemungkinan besar, tubuh semua anak Anda tumbuh seperti yang seharusnya. tapi prosesnya berbeda bedatetap semangat

No comments:

Post a Comment